Abstraksi Skripsi

PEMANFAATAN MEDIA ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN DAKWAH ISLAMIYAH DI DESA TELUK SIALANG KECAMATAN TUNGKAL ILIR KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

ABSTRAKSI  SKRIPSI

Ditunjuk Untuk Melengkapai Salah Satu Syarat

Guna Mencapai Gelar Sarjana Strata Satu (S.1)

Dalam  Ilmu  Dakwah Jurusan

Komunikasi dan Penyiaran Islam

O l e h

MUSLIMIN, S

NIM: 04.42.223

NIMKO: 707-0542.003

MAHASISWA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM

STAI AN – NADWAH  KUALA TUNGKAL

KOPERTAIS WILAYAH XIII

J A M B I

2009/2010

MENGETAHUI:

KETUA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)

AN – NADWAH KUALA TUNGKAL

K. H. ABD. HALIM KASIM, SH.

NIK. 39.0484.001

ABSTRAKSI SKRIPSI

Judul Skripsi   : PEMANFAATAN MEDIA ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN DAKWAH ISLAMIYAH DI DESA TELUK SIALANG KECAMATAN TUNGKAL ILIR KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Oleh                : MUSLIMIN S

NIM                : 04.42.223 / 707-0542.003

Jurusan            : Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Jumlah Bab     : 5 Bab

Jumlah Isi        : 84 Halaman

T.A.                 : 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1). Bagaimana aktivitas dakwah Islamiyah di Desa Teluk Sialang, (2). Bagaimana pemanfaatan media elektronik dalam mengikuti kegiatan dakwah Islamiyah oleh masyarakat di Desa Teluk Sialang, dan (3). Apa faktor penunjang dan penghambat manfaatan media elektronik dalam mengikuti kegiatan dakwah Islamiyah di Desa Teluk Sialang. Media elektronik yang dimaksud dalam penelitian ini dibatasi hanya kepada media elektronik radio dan televisi. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 06 April 2009 sampai denga tanggal 27 Mei 2009.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun untuk mengumpulan data penulis mempergunakan studi kepustakaan (sebagai landasan teori) dan studi lapangan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara(interview).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) Aktivitas dakwah di Desa Teluk Sialang dapat dikatakan semarak, merata ke seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan dakwah terdapat berbagai media dakwah, yakni media elektronik (radio dan televisi), media cetak (surat kabar, kitab-kitab dan buku-buku keagamaan), media seni budaya yang dalam hal ini diwakili oleh media rebana kontemporer, dan media pengajian (lisan) yang diselenggarakan oleh masyarakat, remaja dan organisasi-organisasi keagamaan. Seperti peringatan hari besar Islam, pengajian antara magrib menjelang isya, kegiatan remaja masjid, yasinan dan tahlil dan sebagainya. (2) Pemanfaatan media radio dan televisi dalam mengikuti kegiatan dakwah cukup baik dimana hampir masyarakat memiliki radio dan pemanfaatannyapun secara terus menerus hanya saja frekwensinya yang berbeda-beda. Seperti mengikuti siaran kuliah subuh, khotbah jumat, siaran puasa dan sebagainya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang memiliki kedua media elektronik tersebut. Semenetara pemanfaatan media televisi juag cukup baik namum belum optimal karena tidak semua masyarakat memiliki pesawat televisi dan alat penagkap siarannya, disamping itu tidak semua wilayah terdapat jaringan listrik (PLN). (3) Beberapa  faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memanfaatkan media dakwah elektronik radio dan televisi. (a) Faktor Pendukung pemanfaatan radio: Karena radio mudah dibawa kemana saja murah dan praktis, Waktu siaran dakwah lebih relefan dengan profesi masyarakat, Kepercayaan terhadap pengisi siaran, Isinya mudah dipahami, Pendengar dapat berperan langung dalah suatu acara, dan selain sebagai media dakwah juga sebagai hiburan. (b) Faktor penghambat pemanfaatan Radio: Siarannya bersifat global, sepintas dan tidak dapat diikuti secara sempurna (faktor profesi dan keadaan), Ada beberapa siaran tidak dapat dipahi, sangat memerlukan pmahaman dan ketajaman mendengar (faktor pengetahuan dan pendidikan pendengar), Tidak dapat melihat langsung aktifitas sumber dan Keadaan cuaca dan sebagainya. (c) Faktor pendukung pemanfaatan Televisi: Tidak memerlukan pemahaman tinggi karena gerak dan karakter pembicara dapat dilihat langsung, Acaranya bervariasi dengan hiburan yang dapat didengan dan dilihat dan Dapat mengikuti acara sambil mengerjakan pekerjaan rumah. (d) Faktor penghambat pemanfaatan Televisi: Tidak memiliki pesawat televisi dan alat tangkap siaran serta alat generator,  karena tidak semua wilayah desa Teluk Sialang dapat jalun PLN sebagian hanya menggunakan Disel dan ACU/Aki, (Faktor ekonomi, geografis dan sebagainya), Waktunya tidak relefan dengan profesi masyarakat (faktor waktu dan kesempatan) dan Sulit untuk bisa ikut andil langsung dalam suatu acara yang ditayangkan.

Untuk memperjelas permasalahan dalam Skripsi tersebut gambarannya adalah sebagai berikut:

BAB          I     : PENDAHULUAN berisikan: Latar Belakang Masalah,  Pokok-Pokok Masalah, Batasan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian, dan Kerangka Teoritik.

BAB          II   : PROSEDUR PENELITIAN berisikan tentang: Jenis dan Lingkup Penelitian,  Jenis dan Sumber Data, Subyek Penelitian, Teknik Pengumpulan Data, Analisis Data dan teknik pemeriksaan keabsahan data.

BAB          III  : GAMBARAN UMUM memuat tentang: Kondisi Desa Teluk Sialang, Struktur Organisasi, dan keadaan Umum Desa Teluk Sialang.

BAB          IV  : TEMUAN DAN PEMBAHASAN kajian inti tentang: Aktivitas dakwah di Desa Teluk Sialang, Pemanfaatan media elektronik dalam menunjang keberhasilan dakwh di Desa Teluk Sialang dan Faktor Pendukung dan Penghambat pemanfaatan media elektronik dalam menunjang keberhasilan dakwh di Desa Teluk Sialang.

BAB          V   : PENUTUP merupakan Kesimpulan, Saran-saran dan penutup.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para da’i/ da’i pembina desa, cendikiawan yang berkecimpung dalam bidang dakwah, semoga bermanfaat bigi kita semua, Amin.

Kuala Tungkal,       Desember 2009

Penulis,

MUSLIMIN

NIM. 04.42.223

NIMKO. 707-0542.003

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s