Alquran Berusia 500 Tahun (Bukti Sejarah)

Oleh: Muhammad Efendi, S.Sos.I Kuala Tungkal-Tanjung Jabung Barat

Alquran tua yang berusia 500 tahun lebih ini berada di Kabupaten Sarolangun – Jambi. Banyak orang yang heran dan hamper dan hampir tak percaya ada Alquran berusia 500 tahun. Setelah melihat Alquran Berusia 500 di Stand Kabupaten Sarolangun, di arena MTQ ke 40 di Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Baratn selama 1 minggu dari tanggal 3 – 10 Mei 2010 lalu.
Alquran tua yang terbuat dari kulit kayu. Walau terlihat kusam, namun masih bisa terbaca. Tistalani, adalah pemilik Kitab Suci Agama Islam tertua di Kabupaten Sarolangun itu. Konon, Alquran tersebut dibuat pada tahun pada 1021 H atau 1700 MH. Ibrahim, adalah sosok fenomenal pembuat Alquran tersebut selama bertahun tahun lamanya. Pria yang merupakan warga desa Lubuk Resam membuat Alquran secara bertahap di tanah suci Mekkah. Lembaran-lembaran tulisan yang telah selesai kemudian di bawa ke kampung halamannya, selanjutnya ditulis kembali hingga selesai. Begitulah akhirnya alquran tersebut rampung dan menjadi kitab kebanggan kabupaten Sarolangun hingga saat ini. Ini kitab satu-satunya yang paling Tua di Sarolangun yang di buat di Mekkah. Artinya Alquran tersebut adalah kitab suci agama Islam tertua di Provinsi Jambi.Keterangan ini saya dapatkan dari bapak Sudiono, Kabid Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Sarolangun.

Kitab tersebut turun temurun hingga saat ini, dan disimpan oleh keturunan Ibrahim, Tistilani, yang juga merupakan warga desa Lubuk Resam, kecamatan Cermin Nan Gedang. Sebagai ahli warisnya, kitab tersebut disimpan dikediamannya dan tiada seorang pun diperbolehkan untuk mengambil, sekalipun pemerintah daerah. Untuk memperkenalkan kepada Warga se-Provinsi Jambi, kitab tersebut kini selalu dipajang di arena-arena pameran di Provinsi Jambi, boleh di foto, warga yang ingin menyaksikan diperkenankan untuk membuka lembaran-lembaran kitab usang itu. Boleh di lihat, tidak ada larangannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s