Profil Kecamatan Pengabuan

Kecamatan Pengabuan merupakan salah satu dari 5 kecamatan yang  ada dalam kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kecamatan Pengabuan menjadi kecamatan yang definitiv tanggal 10 Januari 1992 bedasarkan Keppres no. 60 tahun 1991 tanggal 20 November 1991.

Kecamatan Pengabuan terdiri dari 1 Kelurahan, 3 desa, 26 dusun, 141 Rt dengan perincian :

– Desa Teluk Nilau dengan  0   dusun    63     Rt

– Desa Sungai Serindit  dengan  8   dusun    19     Rt

– Desa Parit Pudin dengan   14  dusun    42     Rt

– Mekar Jati dengan   4   dusun    18     Rt

 

Pusat pemeritahan kecamatan Pengabuan terletak di desa Teluk Nilau. Jarak pusat pemerintahan kecamatan Pengabuan ke Ibukota Kabupaten kurang lebih 40 Km ( Jalan Darat ) dan waktu yang di gunakan 1 jam dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

Struktur organisasi dan tata kerja pemerintahan kecamatan berdasarkan Perda No. 04 tahun 2001 terdiri dari  Camat  dengan membawahi Sekcam, kasi Pemerintahan, Kasi PMD, Kasi Ketertiban Umum, Kasi Humas serta kelompok jabatan fungsional. Jumlah personil kantor kecamatan Pengabuan menurut keadaan 2008 berjumlah 20 orang  yang terdiri dari 15 orang PNS,   5 orang pegawai honor serta tenaga honor untuk Sat Pol PP Kecamatan sebanyak 1 orang.

Pada tahun 2008, kecamatan Pengabuan dimekarkan menjadi 2 kecamatan yaitu kecamatan Pengabuan dan kecamatan Senyerang. Kecamatan Pengabuan yang semula terdiri 9 desa menjadi 4 desa. Desa Teluk Nilau yang merupakan ibukota kecamatan pengabuan mengalami perubahan status dari desa menjadi kelurahan. (sesuai Perda Kab. Tanjab Barat No. 13 Tahun 2006).

Pemerintah dalam rangka pengembangan masyarakat secara berkesinambungan diantaranya peningkatan kemampuan masyarakat dalam proses perubahan sosial, penguatan pelayanan masyarakat oleh Pemerintahan Desa dan pemantapan kelembagaan desa, Pemerintah daerah telah mengalokasikan bagi desa dalam bentuk ADD ( Alokasi Dana Desa ).

Dalam struktur Pemerintahan desa, desa di pimpin oleh seorang Kepala desa dimana kepala kepala desa di pilih langsung oleh masyarakat. Kepala desa dibantu oleh seorang Sekretaris Desa (Sekdes) dan membawahi beberapa Kepala Urusan yaitu Kepala Urusan Pemerintahan, Kepala Urusan Pembangunan, Kepala Urusan Umum dan juga membawahi Kepala Dusun. Serta Pamong Tani dan Keamanan

Dalam memimpin pemerintahan desa, seorang kepala desa dituntut kemampuannya dalam   mengatur desa yang dipimpinnya dan kemampuan dalam mengahadapi segala masalah yang timbul dalam masyarakatnya. Disamping itu juga dituntut kemampuannya dalam memnyelesaikan segala bentuk administrasi pemerintahan desa.

Data Lengkap Mengenai Kecamatan Pengabuan lihat di bawah ini:

TABEL 1 LETAK GEOGRAFIS

TABEL 2 KONDISI PEMERINTAHAN

TABEL 3 KEPENDUDUKAN DAN TENAGA KERJA

TABEL 4 SOSIAL, AGAMA,PENDIDIKAN, KESEHATAN

TABEL 5 PERTANIAN DAN PERKEBUNAN

TABEL 6 PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN DAN KOPERASI

TABEL 7 PERHUBUNGAN DAN INFORMATIKA

TABEL 8 PEREKONOMIAN DAN HARGA-HARGA

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s